Pages

Powered By Blogger

Wednesday 30 October 2013

CONTOH SOAL CPNS YANG MENJEBAK, MEMBINGUNGKAN, dan MENYESATKAN

Ada beberapa hal yang menggilitik saya, membuat saya terheran-heran, dan membuat saya merasa khawatir terhadap peserta UJIAN CPNS. Mungkin ini terjadi berulang-ulang dari tahun ke tahun semenjak adanya ujian CPNS. Bagaimana tidak jika soal-soal seperti ini memang tercantum dalam soal ujian. Bukan masalah soal sebetulnya, tapi ini berkaitan kepada perhitungan pada saat passing grade. Bagaimana bisa soal-soal seperti A, jawabannya seperti B,C,atau yg lainnya.
Dibawah ini ada beberapa soal dengan jawaban yang menjerumuskan dan tidak habis pikir yang saya dapat dari beberapa sumber soal prediksi tes CPNS 2013.
1. Jika x = -(3)­6 maka:
a     a. x>y
       b. x
c     c. x=y
d     d. x dan y tidak bisa ditentukan
e     e.  xy
       Pada kunci jawaban tercantum B sebagai jawaban yang benar.
      2. Jika a=2 b=-2 x=(a-b)2

      maka:
         a. x>y
         b. x
         c. x=y
         d. x dan y tidak bida ditentukan
         e.2x<2y p="">
       Pada kunci jawaban tercantum C sebagai jawaban yang benar.
     Ya, bagi orang-orang yang merasa pintar atau memang pintar silahkan berdiskusi atau mencoba menjawab  pertanyaan ini sendiri. Bagaimana bisa jawabannya seperti itu, karena saya ini orang yang masih perlu belajar banyak. Tolong dipost jawabannya di kolom komentar. Ini hanya sebagian kecil dari beberapa contoh soal yang menurut saya menjerumuskan (saya pribadi). Pada soal-soal TKD lainnya pun yang saya gunakan sebagai bahan acuan dan bahan latihan, beberapa soalnya memiliki tipe-tipe seperti ini yakni menjebak dan menjerumuskan. Tidak hanya pada soal logika angka, dalam test persamaan atau lawan kata pun ada. Membuat saya semakin khawatir pada diri saya sendiri. Bisa-bisa banyak yang gagal karena soal-soal seperti ini. Bukan hanya soal yang membuat peserta khawatir, tapi juga jumlah quota yang tersedia jika dibandingkan dengan jumlah pelamar yang sangat tidak seimbang, bahkan jauh dari berbanding lurus. Bayangkan quota yang tersedia pada salah satu Instansi misalkan hanya 250 dengan Jumlah pelamar hampir 39000. Lalu sisanya akan berakhir pada jurang yang sama. Saya pribadi berharap agar pihak yang menangani proses penerimaan CPNS 2013 bisa ditangani dengan sebaik-baiknya, tidak berat sebelah, berlaku adil dan oknum-oknum yang merugikan pun di basmi setuntas-tuntasnya hingga ke akar-akarnya. Jangan salahkan seseorang sepenuhnya karena korupsi jika dari awal kita juga yang memberikan mereka untuk melakukan korupsi *lho kok berat banget ya bahasannya jadi malah ke sini :D*.   

(Berharap yang terbaik, semoga lulus dan resmi di terima jadi PNS, Aamiin) 

No comments:

Post a Comment