Pages

Powered By Blogger

Friday 14 February 2014

Cap Go Meh 2014 di Bogor sekaligus Menjadi Pesta Rakyat Warga Bogor

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Memang bulan malam ini bercahaya penuh, ini artinya warga Tionghoa harus menyiapkan perayaan untuk Cap Go Meh. Biasanya pada saat Cap Go Meh suasana semarak dengan arak-arakan Joli Toapekong (Patung Dewa-Dewa dari Vihara) yang diiringi oleh tabuhan genderang dan tarian Barongsai. Di Bogor sendiri acara ini menjadi acara tahunan yang rutin dilaksanakan pada hari ke lima belas setelah perayaan imlek, dan hari ini jatuh tepat pada tanggal 14 Februari 2014. Menurut penanggalan bangsa Tionghoa, maka tahun ini merupakan tahun kuda karena perayaan imlek jatuh pada tanggal 31 Januari 2014 (Berdasarkan kalender Tionghoa dan Gregorian)
Warga antusias menunggu datangnya arak-arakan dari Vihara Budha Sena
Sepanjang Jl. Surya Kencana sangat dipadati oleh warga Bogor sejak sore hari, jalan ini sudah ditutup sejak pukul 13.00 WIB. Surya Kencana sendiri merupakan salah satu daerah di Bogor yang penduduknya mayoritas adalah keturunan Tionghoa sehingga perhelatan ini rutin di lakukan di sepanjang kawasan Jl. Surya Kencana.

Satu unit mobil pemadam kebakaran disediakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diingingkan
Arak-arakan penutup dimulai sekitar pukul 20.30 WIB, Joli Toapekong diarak mulai dari Vihara Budha Sena menuju Vihara Dhanagun. Ada berbagai macam Joli yang diarak, seperti Joli Kongco Wan Kong, Thian Lu, Mpe Houw Ciong Kun, Hok Tek dan Joli Tjeng Sini.


 Berbagai macam arakan joli toapekong yang diiringi tarian Barongsai.

Festival ini juga menjadi tempat mencai rezeki bagi para pedagang salah satunya pedagang boneka barongsai ini.
Sebelumnya pada sore hari, rombongan arak-arakan melakukan ritual Empe Houw Ciang Kun (naik joli/tandu) di Vihara Dhanagun. Arakan ini tidak hanya diramaikan oleh pihak Vihara Dhanagun dan Vihara Budha Sena. TNI Garuda Yonif Siliwangi 315 juga turut berperan serta membawakan tarian naga selain itu Vihara dari beberapa daerah di luar Bogor seperti dari Bekasi, Jakarta, Tanggerang dan Sukabumi turut Berpartisipasi dalam Cap Go Meh tahun ini.

No comments:

Post a Comment