Pages

Powered By Blogger

Saturday 15 February 2014

Waspada Abu Vulkanik Gunung Kelud sudah mencapai Puncak, Bogor

Peristiwa Banjir di beberapa daerah di Indonesia dan meletusnya Gunung Sinabung (Sumatera Utara) beberapa bulan silam, membuat warga Indonesia berduka. Bukan hanya itu Erupsi dahsyat yang ketiga dari Gunung Kelud (Jawa Timur) pun menjadi catatan peristiwa bencana alam yang ketiga di awal-awal tahun 2014 ini. Kini abu vulkanik-nya sudah menyebar ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan kemungkinan abu vulkanik ini mencapai daerah Jakarta.
Sebaiknya bagi anda yang tinggal di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah waspada terhadap debu vulkanik ini. Debu vulkanik sangat berbahaya jika terhirup masuk ke dalam saluran pernafasan dan mengendap di dalam saluran pernafasan dalam jangka waktu yang panjang. Abu vulkanik ini mengandung debu silika (bahan baku pembuatan kaca) yang berukuran sangat kecil yaitu kurang dari 10 mikron, jika terhirup akan menyebabkan iritasi dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Sifat asam (pH sekitar 4) dari debu vulkanik ini pun berdampak buruk bagi kesehatan, jika terkena kulit atau mata akan menyebabkan gatal-gatal.
Untuk mengantisipasinya maka saat ini sebaiknya hindarilah untuk berpegian keluar rumah, atau jika akan berpergian sebaiknya menggunakan pakaian tertutup dan mengenakan masker. Masker yang dianjurkan dan memenuhi standar adalah masker N-95.

Masker ini dapat mencegah partikel abu vulkanik yang berukuran sangat kecil dan tidak terlihat, sedangkan jika debu vulkanik mengenai kulit atau mata, sebaiknya segera mencucinya supaya terhindar dari iritasi. Semoga bermanfaat, dan semoga peristiwa-peristiwa yang terjadi ini semakin mengingatkan kita kepada sang pencipta.



No comments:

Post a Comment